Asas Kewarganegaraan : Ius Soli dan Ius Sanguinis



Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga Negara. Pada umumnya Negara-negara di berbagai belahan dunia mengenal dan menemukan dua Asas Kewarganegaraan yaitu asas Ius Soli dan Ius Sanguinis, berikut ini penjelasan keduanya :

Asas Ius Soli adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan daerah atau Negara di mana ia dilahirkan. Contohnya, seseorang dilahirkan di Negara Indonesia, maka ia akan menjadi warga Negara Indonesia, walaupun orang tuanya adalah warga Negara Amerika Serikat. Asas Ius Soli dianut oleh Negara seperti  Inggris, Mesir dan Amerika Serikat.

Asas Ius Sanguinis adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan pertalian darah atau keturunan dari orang yang bersangkutan. Jadi, yang menentukan kewarganegaraan seseorang itu adalah kewarganegaraan orang tuanya, dengan tidak mengindahkan di mana ia sendiri dan orang tuanya berada dan dilahirkan. Contohnya, seseorang dilahirkan di Indonesia tapi orang tuanya adalah warga Negara Cina, maka orang tersebut tetap menjadi warga Negara Cina. Asas Sanguinis ini dianut oleh Negara Cina.