Pengertian Pameran serta Tujuan dan Fungsinya


Berikut di bawah ini adalah pemaparan tentang pengertian pameran, tujuan pameran, dan fungsi dari pameran.

Pengertian Pameran
Pameran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan idea tau gagasan perupa kepada public melalui media karya seninya. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator.
Menurut Galeri Nasional, Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

Tujuan Pameran
Sebuah kegiatan pameran diselenggarakan dengan harapan bahwa karya yang dipamerkan terjual dan dana hasil penjualan tersebut digunakan untuk tujuan sosial kemanusiaan seperti disumbangkan ke panti asuhan, masyarakat tidak mampu atau korban bencana alam.
Ada juga kegiatan pameran yang diselenggarakan dengan harapan karya yang dipamerankan terjual dengan keuntungan yang tinggi bagi pemilik karya atau penyelenggara pameran tersebut.

Fungsi Pameran
Kegiatan pameran memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi antara pencipta seni (seniman) dengan pengamat seni (apresiator). Pameran seni rupa pada hakekatnya berfungsi untuk membangkitkan apreasiasi seni pada masyarakat, disamping sebagai media komunikasi antara seniman dan penonton.

Comments