Karakteristik Ekspresif Musik Modern: Jazz, Rock, Ska, Reggae, R&B, Dangdut, dan Pop


Karakteristik ekspresif adalah ciri khas setiap aliran musik pada saat mengungkapkan musiknya. Ekspresi bisa dilakukan melalui vocal, melodi, ritme, bahkan penampilan. Berikut karakteristik ekspresif dari musik modern diantaranya musik jazz, rock, ska, reggae, R&B, dangdut dan pop.

1. Karakteristik Ekspresi Musik Jazz
Ekspresi musik jazz, cenderung dilakukan pada gaya permainan alat musik dan pemain musiknya. Mereka berimprovisasi melalui musik melodis, misalnya melodi gitar, flute, piano, biola. Ungkapan permainan mereka yang penuh dengan improvisasi diperlihatkan dengan angggukan atau gerakan kepala mereka yang serasa mengikuti pola alunan permainan mereka sendiri. Penyanyi juga berimprovisasi melalui kemampuan teknik vokal yang dimilikinya.

2.  Karakteristik Ekspresi Musik Rock
Karakteristik musik rock, terletak pada hentakan drum yang keras, melodi gitar yang melengking, serta vocal yang cenderung menggunakan nada dasar tinggi. Apabila penyanyi menyanyikan nada tinggi, vocal “dipaksa” menyanyi dengan nada tinggi sehingga terdengar serak. Cara mengekspresikan yang lain yaitu dengan penampilan yang santai, menggunakan kaos “oblong”, bertato, rambut gondrong.

3. Karakteristik Ekspresi Musik Ska
Musik ska sering dikenal dari gerakan ska-nya, yaitu gerakan kaki kanan di angkat bersamaan dengan tangan kiri maju ke depan dada dan juga sebaliknya. Demikian juga dengan penampilan, cenderung memakai pakaian santai, topi, juga ada yang bercelana “cut brai”.

4. Karakteristik Ekspresi Musik Reggae
Musik reggae diekspresikan dengan cara bergoyang bersama antara pemain musiknya seiring tiupan terompet. Musisinya mengenakan pakaian bermotif, kacamata hitam, dan celana santai. Ciri khas utama dari para pemusik reggae adalah model rambut gimbal.

5. Karakteristik Ekspresi Musik R&B
Musik R&B, identik dengan keadaan anak jalanan. Memanggul tape recorder, rambut diikat kecil-kecil, pakaian santai, sering dengan celana model hipster (agak ke bawah pinggang). Sambil menari, mereka menggerakan kaki saja, atau lengan saja, atau kepala saja.

6. Karakteristik Ekspresi Musik Dangdut
Musik dangdut adalah musik yang paling “heboh” dalam ekspresi. Yang jelas adalah dengan bergoyang pinggul, goyang kaki, tangan, bahkan akhir-akhir ini banyak penyanyi dan penari yang tampil lebih seronok dalam mengekspresikan gerakan dangdut, sehingga terjadi pro dan kontra. Dalam berpakaian, pera penyanyi dangdut lebih kelihatan mencolok, agar menarik perhatian penonton.

7. Karakteristik Ekspresi Musik Pop
Karakteristik musik pop (populer) sangat beragam, seperti juga unsure musiknya yang lain. Yang paling umum dank has dari ekspresi musik mereka adalah digunakannya pakaian kasual atau sehari-hari. Jenis pakaian ini juga sangat beragam. Para penyanyinya juga sering menggunakan baju rang resmi/formal saat di panggung. Misalnya, penyanyi pria menggunakan jas dan penyanyi perempuannya menggunakan gaun. Di banyak kesempatan mereka tampil dalam kostum yang lebih santau namun tetap menampilkan kesan rapi. Ekspresi seperti ini banyak diperlihatkan oleh anggota band musik popular. Biasanya mereka menggunakan kaos T-shirt, celana jeans, dan sepatu kets.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment