Jenis-jenis Pameran, Pameran Seni Rupa, Desain, Pendidikan Seni/Desain, dan Pameran Tetap


Dalam dunia kesenirupaan pada umumnya, terdapat berbagai kategori pameran, yaitu pameran seni, pameran produk, pameran pendidikan, dan pameran tetap. Keempatnya memiliki karakter yang berbeda-beda, sesuai dengan misi dan tujuan pameran itu diselenggarakan. Ada yang bertujuan untuk kepuasan pribadi, promosi, dokumentasi sejarah, transaksi penjualan produk, atau untuk menunjukkan prestasi sebuah lembaga.
 1. Pameran Seni Rupa
Pameran Tunggal
Pameran tunggal umumnya dipakai untuk menyebut pameran yang dilakukan oleh perorangan atau biasanya hanya menampilkan satu jenis karya seni. Pameran tunggal dapat berisi seni patung, keramik, grafis, atau karya seni lainnya atas nama perorangan.

Pameran Kelompok
Pameran kelompok umumnya dipakai untuk menyebut pameran yang dilakukan oleh sekelompok seniman. Pameran kelompok dapat berisi seni patung, keramik, grafis, atau karya seni lainnya secara bersama-sama ataupun hanya satu jenis karya seni dari sekelompok seniman. Biasanya karya-karya seni tersebut dihubungkan oleh satu tema tertentu. Jika pameran dilakukan secara berkala dua tahun sekali maka disebut bianale, jika tiga tahun sekali disebut trianale.

Pameran Retrospeksi
Istilah pameran retrospeksi digunakan untuk menyebut pameran sejarah perjalanan seorang seniman dalam berkarya yang dilakukan oleh perorangan. Pameran retrospeksi dapat berisi karya seni lukis, seni patung, keramik, grafis, atau karya seni lainnya atas nama perorangan.

2. Pameran Desain
Pameran desain umumnya dipakai untuk menyebut pameran karya desain atau pameran produk kerajinan seperti pameran arsitektur, pameran hasil riset produk, pameran kriya,  pameran furniture, pameran produk elektronik, pameran otomitif, pameran iklan, pameran perhiasan, pameran produk pelengkap rumah sakit, dan sebagainya. Pameran desain umumnya jarang dilakukan perorangan, tetapi merupakan kegiatan kolektif sebagai wakil perusahaan atau biro desain tertentu.

Pameran Desain Produk
Pameran produk adalah pameran promosi sejumlah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis barang/desain, baik untuk tujuan promosi, maupun memperkenalkan produk baru yang dihasilkan. Pameran desain produk sering diselenggarakan di kota-kota besar, bahkan beberapa di antaranya disertai oleh pertunjukkan musik untuk memikat konsumen. Pameran desain produk amatlah beragam, diantaranya adalah pameran otomotif, pameran alat rumah tangga, pameran elektronik, pameran mabel, pameran kerajinan, pameran tekstil, pameran alat pendidikan, pameran alat kedokteran, dan banyak lagi.

Pameran Perumahan dan Interior
Pameran perumahan dan interior umumnya merupakan pameran promosi sejumlah perusahaan pengembang, biro konsultan, atau produsen komponen arsitektur yang menjual berbagai jenis barang/desain. Pameran seperti ini dapat bertujuan memperkenalkan produk baru yang dihasilkan atau sebagai sarana transaksi penjualan.

3. Pameran Hasil Pendidikan Seni/Desain
Pameran pendidikan seni/desain adalah pameran hasil proses pendidikan, baik berupa karya akhir maupun proses pencapaian dalam mewujudkan karya. Di lingkungan perguruan tinggi kerap pula diselenggarakan pameran hasil riset/eksplorasi/inovasi desain para mahasiswa maupun staf pengajarnya.

4. Pameran Tetap
Pameran tetap adalah pameran permanen yang diselenggarakan oleh perorangan atau kelompok dalam sebuah galeri atau museum. Tujuan pameran ini adalah sebagai dokumentasi sejarah, objek wisata, promosi, dan ada pula yang diperjualbelikan. Seniman-seniman besar umumnya memiliki galeri pribadi yang berisi koleksi karya seni semasa hidupnya. Sedangkan karya-karya desain yang memiliki nilai historis, umumnya dipamerkan secara permanen di dalam museum. Seperti kita ketahui, di Negara kita terdapat museum perangko, museum transportasi, museum tekstil, museum wayang, museum teknologi, museum dirgantara, dan sebagainya.