Interaksi dalam Ekosistem: Simbiosis, Kompetisi dan Predasi


Selain membahas tentang interaksi dalam ekosistem yang terdiri dari simbiosis, kompetisi dan predasi kita jug akan membahas tentang Organisasi kehidupan, komponen ekosistem, tipe-tipe ekosistem, aliran energi, dan suksesi.

Interaksi dalam Ekosistem
1. Simbiosis
Simbiosis adalah interaksi antar dua individu berbeda jenis yang membentuk persekutuan yang erat, dibedakan menjadi:
  • Simbiosis Komensalisme adalah interaksi antara dua organisme berbeda di mana satu organisme diuntungkan, sedangkan organisme lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.
  • Simbiosis Mutualisme adalah interaksi antara dua organisme di mana keduanya saling mendapatkan keuntungan.
  • Simbiosis Parasitisme adalah interaksi antara dua organisme, organisme parasit mendapat keuntungan, dan organisme lainnya (inang) dirugikan.
2. Kompetisi
Kompetisi adalah interaksi yang berbentuk persaingan antar organisme dalam upaya mendapatkan kebutuhan hidup yang sama.

3. Predasi
Predasi adalah interaksi antar organisme di mana satu organisme (predator) memangsa organisme lainnya (prey). Apabila yang dimakan adalah organisme sejenis, maka dinamakan kanibalisme.

Organisasi kehidupan dimulai dari Individu (makhluk hidup tunggal) ® populasi (kumpulan individu yang sejenis) ® komunitas (kumpulan populasi) ® ekosistem (kesatuan fungsional antara komponen biotik dan abiotik yang saling berinteraksi ® bioma ® biosfer.

Komponen ekosistem terbagi menjadi du yakni komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik contohnya manusia, hewan, tumbuhan, dekomposer, dan detritivor. Contoh komponen abiotik diantaranya tanah, air, udara, suhu, cahaya, kelembaban, arus, air, garam, dan mineral.

Tipe-tipe ekosistem
  • Ekosistem perairan: air tawar, air laut, estuary, pantai pasir, pantai batu.
  • Ekosistem darat: hutan hujan tropis, savanna, stepa, hutan gugur, taiga, tundra.
  • Ekosistem buatan: bendungan, argoekosistem, kota, desa.
Aliran energi ada dua yakni rantai makanan dan jarring-jaring makanan.
1. Rantai makanan adalah perpindahan materi dan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya melalui proses makan dan dimakan dengan urutan tertentu.
Macam-macam rantai makanan:
  • Rantai makanan perumput: bila trofik 1 pembentuk rantai makanannya adalah produsen, contohnya: padi ® belalang ® burung ® ular.
  • Rantai makanan detritus: bila trofik 1 pembentuk rantai makanannya adalah bahan terurai, contoh: serasah (dedaunan) ® cacing ® tanah ® ikan ® manusia.
2. Jaring-jaring makanan adalah rantai-rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain.

Suksesi
Suksesi terdiri dari dua tipe:
1.Suksesi Primer: perkembangan komunitas dari suatu tanah baru yang merupakan hasil gejala alam yang mempengaruhi, contoh: letusan gunung api, longsor, kebakaran hutan besar, tsunami.
2. Suksesi sekunder: perkembangan komunitas di suatu lahan yang mengalami kerusakan sebagian, contoh: kebakaran hutan berkala, daerah pasang surut, sawah.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment