Pengertian Ikatan Ion, Ikatan Kovalen, dan Ikatan Logam

Salam Pengetahuan: Pengertian ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan logam secara singkat diuraikan dibawah ini.
  1. Ikatan Ion adalah ikatan yang terjadi karena adanya gaya tarik-menarik elektrostatis antara ion positif dan ion negatif. Ikatan ion terjadi antara atom-atom yang mempunyai energi ionisasi rendah dengan atom-atom yang mempunyai afinitas elektron yang besar. Unsur-unsur logam umumnya mempunyai energi ionisasi yang rendah sedangkan unsur-unsur non-logam mempunyai afinitas elektron yang besar. Oleh karena itu, ikatan ion dapat terjadi antara unsur-unsur logam dengan unsur-unsur non-logam. Contoh ikatan ion adalah pada senyawa NaCl dan senyawa CaCl2.
  2. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron. Pasangan elektron ini dapat berasal dari masing-masing atom yang saling berikatan. Ikatan yang terbentuk disebut ikatan kovalen. Apabila pasangan elektron yang digunakan berasal dari salah satu atom yang berikatan, maka ikatan yang terbentuk disebut dengan ikatan kovalen koordinasi. Contoh ikatan kovalen pada molekul H­2 dan contoh ikatan kovalen koordinasi pada molekul SO3.
  3. Ikatan logam adalah ikatan yang terjadi karena gaya tarikan inti atom-atom logam dengan larutan elektron. Elektron-elektron bebas bergerak dari satu inti atom ke inti atom yang lain disebut ikatan terdislokalisasi. Adanya elektron yang dapat bergerak bebas dari satu atom ke atom yang lain menjadikan logam sebagai penghantar listrik dan kalor yang baik. Logam tersusun dalam suatu kisi Kristal yang terdiri dari ion-ion posisitf logam di dalam larutan elektron. Larutan elektron pada Kristal logam memegang erat ion-ion positif pada logam sehingga bila dipukul atau ditempa, logam tidak akan pecah atau tercerai berai, tetapi akan bergeser. Hal inilah yang menyebabkan sifat logam yang ulet dan dapat ditempa maupun diulur menjadi kawat.

Comments

  1. Terimakasih atas informasinya, saya sekarang lebih tau ikatan kimia
    jangan lupa kunjungi https://ppns.ac.id
    Tolong isi kuisionernya, semakin banyak yang ngisi semakin banyak juga balasannya. Terimakasih sudah membantu 🙏🏽
    https://bit.ly/38P1KV

    ReplyDelete

Post a Comment