Faktor-faktor Alamiah Penyebab Mutasi

Salam Pengetahuan: Apakah X-Men adalah manusia-manusia hasil mutasi (Mutan)?, ya jika memang benar hal tersebut bisa saja terjadi dikehidupan nyata, meskipun sekarang ini masih di dalam film. Bahan genetis yang terdapat di dalam tubuh organism suatu saat dapat mengalami perubahan. Oleh karena itu, bahan genetis di dalam jaringan tubuh tidak tetap, baik jumlah maupun bentuknya. Perubahan bahan genetis di dalam tubuh organism di sebut mutasi. Mutasi dapat diturunkan kepada generasi berikutnya. Berikut ini akan dibahas faktor-faktor alamiah penyebab mutasi. Berikut ulasannya
1 . Sinar Kosmos
Sinar kosmos berasal dari angkasa luar. Sinar kosmos meradiasi bumi dengan partikel berenergi tinggi yakni:
  • Foton
  • Positron (bagian sinar)
  • Meson Proton

2 . Unsur Radioaktif Alam
Unsur radioaktif alam seperti thorium (Th), uranium (U), radium (Ra), dan kalium (K).

3 .  Radiasi Alat Nuklir
Radiasi alat nuklir akan melepaskan energi  besar dalam bentuk panas, cahaya, radiasi ionisasi, dan zat radioaktif yang banyak dilepaskan C14, Sr90, Cs (137), dan I (131), yang tetap berwujud radioaktif bertahun-tahun.

4 . Sinar X
Sinar X pada saatnya dapat menimbulkan radiasi ionisasi yang akhirnya menciptkan mutasi dan aberasi. Sinar X merupakan bahan fisika.

5 . Bahan Kimia
Bahan kimia yaitu peptisida (DDT), industry (formaldehid), makanan dan minuman (caffein: mutagen pada Drosophila dan bakteri).

6 . Bahan Biologi
Lebih dari 20 macam virus penyebab kerusakan kromosom. Ada virus hepatitis menimbulkan aberasi pada darah atau sumsum tulang.

7 . Panas
Panas dapat merubah subtansi kimia, bahan pada 370C dapat mengganggu replikasi DNA.

8 . Agen Radiomimitik
Agen radiomimitik adalah zat-zat kimia yang kerjanya sama dengan radiasi, misalnya ion ferro (Fe+++) dapat menyebabkan otooksidasi dalam udara menjadi senyawa ferri dengan melepaskan radiasi bebas seperti sinar-X.

9 . Agen Alkilasi
Agen alkilasi (mustard, dimetil, dietil sulfat, beta propiolakton, dan etil methan sulfat) zat kimia ini dapat memberikan gugus alkil yang dapat bereaksi dengan gugus fosfat dan asam nukleat dengan jalan esterifikasi, atau dari atom nitrogen dari basa asam nukleat dengan jalan alkilasi. Esterifikasi dengan gugus fosfat menyebabkan putusnya rantai DNA, sedangkan alkilasi dengan basa-basa DNA menyebabkan gangguan replikasi DNA.

10 . Asam Nitrit
Asam nitrit menyebabkan deaminasi adenine, guanine, dan sitosin yang ada pada DNA, diikuti dengan perubahan dalam pasangan basa.

11 . Agen Hidroksilamin
Agen hidroksilamin (NH2OH) merupakan mutagen untuk bakteriofag yang dapat menyerang sitosin pada DNA atau urasil pada RNA, sehingga struktur sitosin berubah, dan akan berpasangan dengan adenine bukan guanine.

12 . Analog Basa
Analog basa adalah zat-zat yang strukturnya mirip dengan basa-basa biasa yang terdapat pada DNA, misalnya 5-Bromo urasil (5-BU), 5-iodurasil, dan 5-klorourasil. Pada waktu replikasi analog basa ini dengan menggantikan basa-basa DNA, sehingga terjadi perubahan pada pasangan basa.

Comments