Makna dan Peranan Teater


Hai Teman-teman kali ini kami share materi tentang makna dan peranan teater, berikut ini ulasanya.
1. Makna teater
Awalnya teater adalah wadah/sanggar kesenian tempat mempersiapkan seni pertunjukkan. Istilah tersebu kemudian berkembang menjadi:
  • Gedung pertunjukan drama atau film.
  • Sanggar dan organisasi sekelompok manusia yang beraktivitas di bidang seni pertunjukan drama.
  • Drama bukan dari segi karakter cerita, tapi dari teknik latihan dan kreativiasnya.
2. Peranan Teater
Dalam perkembangannya, seni teater seperti bentuk seni yang lain memiliki beberapa peranan sebagai berikut.
  • Media Ekspresi: Salah satu kebutuhan manusia adalah menyalurkan naluri untuk berekspresi melalu gerak dan ucapan bermakna. Dalam kehidupan manusia selalu ada hal-hal yang mengakibatkan gejolak psikologis. Salah satu cara mengatasi gejolah tersebut adalah dengan berekspresi melalui peniruan/ manipulasi bentuk-bentuk kehidupan dan permasalahan manusia itu sendiri. Maka, lahirlah seni teater.
  • Media Komunikasi: Seringkali, ide dan pesan sulit disampaikan dengan bahasa langsung. Ketidaksiapan intelektual, emosional, dan spiritual saat menerima informasi membuat tidak semua manusia mau mengerti atau menerima pesan, terutama yang bertentangan dengan kepentingannya. Teater dapat mengungkap dan memanipulasi realitas cerita secara jujur, adil/tidak memihak, menyeluruh.lengkap sehingga dapat menyentuh nurani dan akal sehat manusia. Dengan pertunjukan yang menyentuh nilai-nilai manusiawi, kita berharap masih ada sisi baik dari manusia yang bisa menerima himbauan/ide untuk kebaikan bersama. Bentuk media komunkasi teatrikal ini sering lebi efektif daripada komunikasi langsung yang informasinya kurang kompleks/menyeluruh. Dengan mempertimbangkan segala aspek dari persiapan yang mapan, teater dapat bertindak sebagai media komunikasi yang baik.
  • Media Pengembangan Potensi dan Kreativitas: Potensi yang dimiliki manusia tidak sama, dengan demikian maka manusia hidup saling melengkapi. Demikian pula dalam bidang seni. Orang yang berpotensi besar melakukan sesuatu untuk orang berpotensi kecil yang kurang bisa memenuhi kebutuhannya. Seni teater sebagai media ekspresi dan komunikasi, membutuhkan manusia-manusia berbakat agar penyajiannya berkesan dan membawa dampak positif yang bermanfaat. Seiring perubahan zaman, insane teater selalu di tuntut untuk berpikir kreatif dalam mengembangkan bidangnya. Dengan demikian akan dihasilkan karya-karya yang makin baik dan menyenangkan sebagai hiburan yang mendidik.
Baca juga: Unsur-unsur pembangun Karya Seni