Cara Mengafdruk atau Explosing

Salam Pengetahuan, Teman Pembaca kali ini saya share cara mengafdruk atau explosing. Sebelumnya mari kita kembali mengingat apa pengertian dari mengafdruk/explosing?. Mengafdruk adalah memindahkan model/klise ke dalam screen dengan melapiskan larutan kimia (emulsi dan sansitizer) lalu merefleksikan model/klise pada screen dengan cahaya dari lampu violet dari lampu neon. Oleh karena itu, pada saat melapisi dan mengeringkan screen harus terhindar dari sinar yang mengandung ultraviolet. Cara atau tahapan dalam mengafdruk itu sendiri adalah sebagai berikut.
  1. Membuat larutan afdruk emulsi dan sansitizer dengan perbandingan 9 : 1 pada wadah coater.
  2. Aduk merata hingga menjadi jel, lalu ratakan ke permukaan screen luar dan dalam langsung dengan tepi coater tersebut atau alat apa saja yang dapat meratakan.
  3. Keringkan screen dengan hair dryer atau kipas angin dan jangan kena sinar ultra violet.
  4. Model/klise diletakkan terbuka di atas kaca meja sablon/afdruk yang dibawahnya terdapat lampu neon. Letakkan pada kaca dengan selotip transparan agar model tidak tergeser.
  5. Letakkan screen tepat menumpuk di atas model/klise. Tutup dengan kain hitam dan beri beban pemberat agar screen, model, dan kaca rapat merata.
  6. Lakukan penyinaran dengan menyalakan lampu neon yang mengandung ultraviolet sekitar 4-5 menit.
  7. Setelah neon dipadamkan, screen yang telah berfungsi sebagai klise tetap ditutup dengan kain gelap agar tidak kena sinar ultra violet lalu dibawa ke tempat pencucian.
  8. Screen dicuci dengan air mengalir untuk menghentikan proses reaksi kimia. Gunakan penerangan cahaya lampu merah 5 watt atau neon ultra violet.
  9. Terawang dan bersihkan dengan hendspayer terutama pada bagian yang diharapkan tembus tinta (image area) agar bebas sama sekali dari lapisan afdruk.
  10. Jika terdapat cacat/kebocoran pada bagian yang seharusnya tidak tembus tinta (non image area), pulaskan screen laquer dengan kapas pembersih telinga.
  11. Keringkan dengan hair dryer atau sinar matahari.
  12. Screen klise yang telah selesai dipakai dapat dihapus dan dibersihkan dengan larutan kaporit. Jika tidak rusak, dapat digunakan untuk model/klise yang lain.
Teman pembaca, pada artikel sebelumnya saya juga sudah share tentang unsur-unsur dasar seni rupa. untuk lebih jelasnya dapat coba klik tautan di bawah ini