Pengertian Tabel, Grafik dan Diagram dan Cara Memahaminya

Salam Pengetahuan, dalam artikel kali ini saya akan membahas Pengertian Tabel, Grafik dan Diagram dan Cara Memahaminya. Berikut ini bahasannya :
  • Tabel adalah data yang berisi iktisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dn deret tertentu dengan garis pembatas sehingga mudah untuk disimak (menurut :Kamus Besar Bahasa Indonesia). Cara memahami isi tabel dapat dilakukan dengan cara memahami fakta yang terdapat dalam tabel. Tabel terdiri atas kolom (memanjang ke kanan) dan baris (memanjang ke bawah). Kolom dan baris dihubungkan dengan data yang merupakan isi dari tabel tersebut
  • Grafik adalah lukisan pasang surut suatu keadaan yang digambarkan dengan garis atau gambar. Biasanya untuk menunjukan turun naiknya hasil, statistik dan sebagainya. Seperti dalam memahami tabel, cara memahami grafik dimulai dengan memahami fakta yang terdapat dalam grafik. Agar mudah memahami fakta di dalam grafik, buatlah pertanyaan-pertanyaan dengan mengacu pada rumus 5W + 1H (what, where, when, who, why, dan how) terdapat isi grafik tersebut.
  • Diagram adalah gambaran yang memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Cara memahami diagram sama dengan memahami tabel dan grafik, yaitu dengan memahami fakta yang didapat dari mangajukan pertanyaan 5W + 1H.