Partisipasi Politik Individual


Dalam tataran praktis, partisipasi politik bisa muncul dalam beberapa bentuk. Salah satu bentuknya yakni Partisipasi politik individual yang secara spesifik disampaikan oleh Milbrarth M. L. Goel yang mengidentifikasi tujuh bentuk partisipasi politik individual
  • Aphatetic Inactives : Tidak beraktifitas yang partisipatif, tidak pernah memilih
  • Passive supporters : Memilih secara regular/teratur, menghadiri parade patriatik, membayar seluruh pajak, “mencintai Negara”.
  • Contact specialis : Pejabat penghubung Lokal (daerah), Propinsi dan Nasional dalam masalah-masalah tertentu.
  • Communicator : Mengikuti informasi-informasi politik, terlibat dalam diskusi-diskusi, menulis surat pada editor surat kabar, mengirim pesan-pesan dukungan dan protes terhadap pemimpin-pemimpin politik,
  • Party and campaign workers : Bekerja untuk partai politik atau kandidat, meyakinkan orang lain tentang bagaimana memilih, menghadiri pertemuan-pertemuan, menyumbang uang pada partai politik atau kandidat, bergabung dan mendukung partai politik, dipilih jadi kandidat partai politik.
  • Community activits : Bekerja dengan orang lain berkaitan dengan masalah-masalah lokal, membentuk kelompok untuk menagani problem-problem lokal, keanggotaan aktif dalam organisasi-organisasi kemasyarakatan, melakukan kontak terhadap pejabat-pejabat berkenaan dengan isu-isu sosial.
  • Protesters : Bergabung dengan demonstrasi-demonstrasi public di jalanan, melakukan kerusuhan bila perlu, melakukan protes keras bila pemerintah melakukan sesuatu yang salah, menghadapi pertemuan-pertemuan protes, menolak mematuhi aturan-aturan.
Dari beberapa aktivitas ini, kita bisa melihat keberagaman aktivitas dalam partisipasi politik. Dari hal yang paling sederhana hingga yang kompleks. Dari bentuk-bentuk yang mengedepankan kondisi damai sampai tindakan-tindakan kekerasan. Namun seluruh aktivitas ini termasuk dalam kerangka partisipasi politik, setiap tindakan yang berhadapan dengan pembuat dan pelaksana kebijakan , dan partisipan terlibat untuk memengaruhi jalannya proses tersebut agar sesuai kepentingan dan aspirasinya.

Comments