Penilaian Sumatif


Penilaian sumatif (assessment of learning) merupakan jenis penilaian yang orientasinya adalah pengumpulan informasi tentang pembelajaran yang dilakukan pada rentang waktu tertentu atau pada akhir suatu unit pelajaran. Informasi tersebut biasa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan posisi siswa seperti pemberian label lulus tidak lulus atau sukses gagal. Penilaian seperti ini misalnya ujian kenaikan kelas, ujian sekolah, ujian nasional, maupun ujian bertaraf internasional seperti PISA dan TIMSS.

Penilaian sumatif (assessment of learning) dilakukan pada akhir semester atau unit instruksional untuk menilai kualitas dan kuantitas akhir pencapaian hasil belajar siswa atau kesuksesan dari program instruksional (Weeden, Winter,& Broadfoot: 2002). Penilaian ini menyediakan data untuk member nilai dan menentukan tingkat pencapaian terhadap sasaran dan tujuan yang ingin dicapai. Penetapan tentang prestasi siswa, orang tua, pengurus, institusi bidang pendidikan yang lebih tinggi, dan potential employers (Johnson&Johnson, 2002).

Sehubungan dengan defenisi di atas, penilaian sumatif lebih menekankan pada hasil dilaksanakan satu kali untuk satu semester atau setiap akhir  dari suatu program instruksional. Peranan guru dan tes eksternal yang terstandarisasi menjadi sangat penting, sehingga validitas dan reabilitas instrument penilaian harus terpenuhi. Hasil penilaian sumatif ini berfungsi untuk grading, placemen, promotion, dan accountability.
Penilaian sumatif merupakan penilaian yang sering digunakan oleh para guru di sekolah, dan telah berlangsung selama ini. Penilaian seperti ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Dalam hal motivasi, penilaian jenis ini sangat menguntungkan bagi siswa yang memperoleh nilai tinggi. Bagi mereka, prestasi tinggi dapat menjadikan mereka lebih optimis dalam menghadapi pembelajaran selanjutnya. Mereka menjadi bersemangat untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajarnya, sehingga cita-cita yang telah ditetapkan sebelumnya akan menjadi suatu kenyataan.


Comments