Membangun Masjid adalah Amal Jariyah

 

Salam pengetahuan. Membangun masjid merupakan amal jariyah bagi yang membangunnya. Masudnya bagaimana? 

Amal Jariyah adalah sebuah amal yang akan tetap dicatat untuk seseorang meskipun seseorang itu telah meninggal jika jariyah yang ia berikan masih digunakan untuk ibadah kepada Allah SWT. 

Dalam sebuah riwayat, Nabi bersabda: "ketika seseorang meninggal maka akan terputus amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholih yang mendoakan orang tuanya".

Membangun masjid merupakan sodaqoh jariyah, salah satu dari tiga amal jariyah yang disabdakan Nabi SAW. Selama masjid tersebut masih digunakan untuk ibadah kepada Allah SWT misalnya sholat, mengaji, musyawarah dan sebagainya maka orang yang membangun masjid tersubut akan mendapatkan pahala. Meskipun ketika nanti dia sudah mati jika masjid tersebut masih digunakan untuk ibadah kepada Allah SWT maka pahala akan tetap mengalir untuk orang tersebut. Subhanallah.

Membangun masjid kadang dilakukan oleh satu orang, kadang dilakukan bersama-sama secara bergotog royong, semuanya dihitung pahala di sisi Allah SWT. 

Comments