Pendekatan-pendekatan dalam Mengapresiasi Karya Seni


Salam pengetahuan_Banyak teori dan pendekatann dalam meninjau sebuah karya seni atau desain. Namun, dalam paparan ini hanya dikemukakan secara umum tentang bagaimana mengapresiasi karya seni, khusunya seni rupa dan desain. Ada beberapa pendekatan dalam mengapresiasi karya seni, antara lain:
  • Pendekatan deskriptif adalah mengamati dan memaparkan karya seni secara apa adanya, seperti objek gambar, penggunaan warna, komposisi warna, tema karya, judul karya, pembuatannya, dan berbagai hal yang ditampilkan dalam karya tersebut.
  • Pendekatan analitis adalah mengamati objek seni berdasar kaidah-kaidah estetika yang baku, seperti aspek tematik, teknik pengerjaan, penerapan atas kesenirupaan, dan makna yang terkandung di dalamnya.
  • Pendekatan interpretatif adalah menginterpretasi karya seni berdasar sudut pandang pengamat, baik dari segi kesamaan pengalaman, kesamaan sudut pandang, unsur keindahan, atau pengetahuan pengamat.
  • Pendekatan penilaian adalah proses member pengukuran baik secara objektif ataupun penilaian secara subjektif. Penilaian secara objektif berdasar pada pertimbangan teknis pengerjaan, sedangkan penilaian subjektif berdasar pada pertimbangan apresiatif pengamat, sehingga diperoleh kesimpulan karya seni itu baik atau buruk.
  • Pendekatan interdisiplin adalah suatu karya seni dilihat dari berbagai disiplin keilmuan, seperti ilmu antropologi, psikologi, kebudayaan, filsafat, ekonomi, hingga ilmu kebahasaan.

Comments

Post a Comment