Kesenian Indonesia Zaman Prasejarah : Paleolithikum, Mezolithikum, Neolithikum, Megalithikum dan Perunggu


Salam Pengetahuan_Secara garis besar kesenian Indonesia pada zaman prasejarah digolongkan atas paleolithikum (zaman batu tua) , mezolithikum (zaman batu pertengahan), neolithikum (zaman batu baru), megalithikum (zaman batu besar)  dan zaman Perunggu. berikut penjelasan dan contoh-contohnya:
1. Paleolithikum (Zaman Batu Tua)
Rentangan waktunya sukar ditentukan, mungkin beberapa ratus ribu tahun lalu meninggalkan berupa alat-alat batu yang dipecah secara kasar, seperti alat pemotong, penumbuk, serta berupa kapak batu. Alat-alat yang lain tentu banyak juga, hanya saja bahannya tidak tahan lama sehingga tidak lagi dijumpai peninggalannya.

Gambar : Kapak batu

2. Mezolithikum ( Zaman Batu Pertengahan)
Rentangan waktunya juga sukar ditentukan. Benda peninggalan berupa benda dari tulang, kulit kerang dan tanduk. Pada bagian timur Indonesia dijumpai lukisan pada dinding batu didalam gua-gua yaitu di Sulawesi Selatan tepatnya Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Bone, adanya bentuk lukisan diperkirakan dibuat sejak zaman batu pertengahan.

Gambar : Lukisan di Gua Maros Sulawesi sealatan

3. Neolithikum (Zaman Batu Baru)
Rentangan waktu diperkirakan tahun 2.500 SM sampai 1.000 SM. Pada zaman ini telah diperkenalkan para imigran dari Asia Tenggara tentang teknologi pertanian, kelautan, peternakan, pembuatan gerabah, pembuatan pelindung badan dari  bahan kulit kayu, pengolahan kayu dan batu, peralatan berburu (anak panah dan mata tombak dari bahan batu), lumping dan alu, beliung halus, dan hiasan-hiasan yang terbuat dari kulit kerang.

Gambar : Hiasan dari kerang zaman prasejarah

4. Megalithikum (Zaman Batu Besar)
Muncul zaman ini peninggalannya berupa batu besar yang berdiri tegak (menhir), tempat sesajian, tempat duduk dan meja, bangunan berundak-undak, altar, sarkopak, dan patung primitif.

Gambar : Punden berudak pada Candi Sukuh

5. Zaman Perunggu
Kurang lebih 300 tahun SM. Pengenalan benda-benda logam dari bahan perunggu dari Asia Tenggara serta perkembangan keterampilan pelebaran logam serta pindai logam. 

Gambar : Benda-benda zaman perunggu

Comments