Asal Bangsa Indonesia

Asal bangsa Indonesia_ Salah satu jenis manusia yang tertua di Indonesia yaitu jenis manusia Pithecantropus Irectus, Homo Soloensis, Homo Mojokertoensis dan beberapa homo lainnya yang terdapat di pulau-pulau lainnya terdapat di pulau Jawa. Tetapi ini sebenarnya bukan merupakan nenek moyang bangsa Indonesia atas dasar peninggalan yang dijumpai.

Bangsa Indonesia berasal dari Yunan di daratan Asia (Cina Selatan) yang mendatangi gugus kepulauan Indonesia dalam dua gelombang.

Gelombang pertama diperkirakan sekitar 2000 tahun SM. Dan gelombang ke dua sekitar 500 tahun SM. Kesenian Indonesia diperkirakan bersamaan dengan datangnya gelombang pertama yang berada dalam tingkat kebudayaan awal Neolitikum (Kebudayaan batu muda atau batu baru) dengan ciri kehidupan sebagai “Food Producer” atau sudah mengenal pola tinggal hidup menetap, jadi sudah tidak lagi berperilaku tinggal berpindah-pindah (nomaden) dengan melakukan mencari makanan dengan cara mengumpulkan makanan “Food Gatherer”.

Pada masa itu seni bukanlah barang kemewahan yang  dinikmati setelah kebutuhan primer terpenuhi, melainkan barang guna yang dimanfaatkan dalam macam macam upacara ritual magis yang dimaksud adalah seni dipergunakan sebagai alat untuk mecapai suatu tujuan yang irrasional. Misalnya seni dipergunakan untuk memperoleh perlindungan dari gangguan-gangguan luar, sebagai persahabatan atau memperoleh kekuatan. Seni dipergunakan untuk mempengaruhi keadaan (wishful) secara magis. Selain itu seni masa prasejarah adalah bersifat simbolis. bentuk ataupun warna selalu mempunyai arti simbol.

Comments