Dalam dunia
kesenirupaan pada umumnya, terdapat berbagai kategori pameran, yaitu pameran
seni, pameran produk, pameran pendidikan, dan pameran tetap. Keempatnya memiliki
karakter yang berbeda-beda, sesuai dengan misi dan tujuan pameran itu
diselenggarakan. Ada yang bertujuan untuk kepuasan pribadi, promosi,
dokumentasi sejarah, transaksi penjualan produk, atau untuk menunjukkan
prestasi sebuah lembaga.
1. Pameran Seni Rupa
Pameran
Tunggal
Pameran
tunggal umumnya dipakai untuk menyebut pameran yang dilakukan oleh perorangan
atau biasanya hanya menampilkan satu jenis karya seni. Pameran tunggal dapat
berisi seni patung, keramik, grafis, atau karya seni lainnya atas nama
perorangan.
Pameran
Kelompok
Pameran
kelompok umumnya dipakai untuk menyebut pameran yang dilakukan oleh sekelompok
seniman. Pameran kelompok dapat berisi seni patung, keramik, grafis, atau karya
seni lainnya secara bersama-sama ataupun hanya satu jenis karya seni dari
sekelompok seniman. Biasanya karya-karya seni tersebut dihubungkan oleh satu
tema tertentu. Jika pameran dilakukan secara berkala dua tahun sekali maka
disebut bianale, jika tiga tahun sekali disebut trianale.
Pameran
Retrospeksi
Istilah
pameran retrospeksi digunakan untuk menyebut pameran sejarah perjalanan seorang
seniman dalam berkarya yang dilakukan oleh perorangan. Pameran retrospeksi
dapat berisi karya seni lukis, seni patung, keramik, grafis, atau karya seni
lainnya atas nama perorangan.
2. Pameran
Desain
Pameran
desain umumnya dipakai untuk menyebut pameran karya desain atau pameran produk
kerajinan seperti pameran arsitektur, pameran hasil riset produk, pameran
kriya, pameran furniture, pameran produk
elektronik, pameran otomitif, pameran iklan, pameran perhiasan, pameran produk
pelengkap rumah sakit, dan sebagainya. Pameran desain umumnya jarang dilakukan
perorangan, tetapi merupakan kegiatan kolektif sebagai wakil perusahaan atau
biro desain tertentu.
Pameran
Desain Produk
Pameran
produk adalah pameran promosi sejumlah perusahaan yang memproduksi berbagai
jenis barang/desain, baik untuk tujuan promosi, maupun memperkenalkan produk
baru yang dihasilkan. Pameran desain produk sering diselenggarakan di kota-kota
besar, bahkan beberapa di antaranya disertai oleh pertunjukkan musik untuk
memikat konsumen. Pameran desain produk amatlah beragam, diantaranya adalah
pameran otomotif, pameran alat rumah tangga, pameran elektronik, pameran mabel,
pameran kerajinan, pameran tekstil, pameran alat pendidikan, pameran alat
kedokteran, dan banyak lagi.
Pameran
Perumahan dan Interior
Pameran
perumahan dan interior umumnya merupakan pameran promosi sejumlah perusahaan
pengembang, biro konsultan, atau produsen komponen arsitektur yang menjual berbagai
jenis barang/desain. Pameran seperti ini dapat bertujuan memperkenalkan produk
baru yang dihasilkan atau sebagai sarana transaksi penjualan.
3. Pameran
Hasil Pendidikan Seni/Desain
Pameran
pendidikan seni/desain adalah pameran hasil proses pendidikan, baik berupa
karya akhir maupun proses pencapaian dalam mewujudkan karya. Di lingkungan
perguruan tinggi kerap pula diselenggarakan pameran hasil
riset/eksplorasi/inovasi desain para mahasiswa maupun staf pengajarnya.
4. Pameran
Tetap
Pameran
tetap adalah pameran permanen yang diselenggarakan oleh perorangan atau
kelompok dalam sebuah galeri atau museum. Tujuan pameran ini adalah sebagai
dokumentasi sejarah, objek wisata, promosi, dan ada pula yang diperjualbelikan.
Seniman-seniman besar umumnya memiliki galeri pribadi yang berisi koleksi karya
seni semasa hidupnya. Sedangkan karya-karya desain yang memiliki nilai
historis, umumnya dipamerkan secara permanen di dalam museum. Seperti kita
ketahui, di Negara kita terdapat museum perangko, museum transportasi, museum
tekstil, museum wayang, museum teknologi, museum dirgantara, dan sebagainya.