Prinsip-prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu : Prinsip Penggalian Tema, Prinsip Pelaksanaan, Prinsip Evaluasi dan Prinsip Reaksi
Pembelajaran
Tematik dilaksanakan siswa dengan berpedoman dengan beberapa prinsip yakni Prinsip
Penggalian Tema, Prinsip Pelaksanaan, Prinsip Evaluasi dan Prinsip
Reaksi sebagaimana dikemukakan oleh Tim Pengembang PGSD (1996/1997) sebagai
berikut :
1. Prinsip
Penggalian Tema
- Tema yang dipilih tidak terlalu luas dan tidak telalu sempit
- Tema hendaknya bermakna bagi siswa
- Tema yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
- Tema menggambarkan peristiwa-peristiwa yang otentik
- Ada keseimbangan antara kurikulum dan harapan masyarakat
- Mempertimbangkan kesediaan sumber belajar
2. Prinsip
Pelaksanaan
- Guru bukanlah aktor tunggal dalam pembelajaran
- Terjadi pemberian tanggung jawab yang jelas, baik secara individu maupun kelompok
- Guru hendaknya bersikap akomodatif terhadap ide-ide yang muncul
3. Prinsip
Evaluasi
- Menekankan pada terjadinya evaluasi diri pada siswa
- Bersifat otentik
- Mencakup berbagai aspek
- Menggunakan alat evaluasi yang beragam
- Bersifat berkesinambungan
4. Prinsip
Reaksi
- Terjadi keseimbangan antara pencapaian instructional effect dan nurturant effect
- Guru hendaknya memberikan reaksi atas reaksi siswa dalam sebuah kejadian
Comments
Post a Comment