Pengertian Penelitian Tindakan menurut Para Ahli


Salam pengetahuan_ Salah satu penelitian tindakan (action research) adalah PTK. Penelitian tindakan memiliki ruang lingkup yang lebih luas dari PTK/penelitian tindakan kelas (action research classroom) karena objek penelitian tindakan tidak hanya terbatas di dalam kelas, tetapi bisa di luar kelas. Ada beberapa pengertian penelitian tindakan menurut para ahli, sebagai berikut.
  • Kurt Lewin: penelitian tindakan adalah suatu rangkaian langkah yang terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan rekreasi.
  • Kemmis dan Mc. Taggart: penelitian tindakan adalah suatu bentuk self-inquiry kolektif yang dilakukan oleh para partisipan di dalam situasi sosial untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan dari praktik sosial atau pendidikan yang mereka lakukan, serta mempertinggi pemahaman mereka terhadap praktik dan situasi di mana praktik itu dilaksanakan.
  • Ebbut (1985) dalam Hopkins (1993): penelitian tindakan adalah kajian sitematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktik pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarka refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.
  • Elliot (1991): penelitian tindakan sebagai sebuah kajian dari sebuah situasi sosial dengan kemungkinan tindakan untuk memperbaiki kualitas situasi sosial tersebut.
  • Carl & Kemmis, 1986 dalam Burns, (1999): penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian refleksif diri kolektif yang dilakukan oleh peserta-pesertanya dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik pendidikan dan praktik sosial mereka serta pemahaman mereka terhadap praktik-praktik mereka dan terhadap situasi tempat praktik-praktik tersebut dilaksanakan.
  • Hasley, 1972 dalam Cohen & Manion, (1994): penelitian tindakan adalah intervensi skala kecil dalam memfungsikan dunia nyata dan pemeriksaan cermat terhadap efek dari intervensi tersebut.
  • Bogdan & Biklen, 1982 dalam Burns, (1999): penelitian tindakan merupakan pengumpulan informasi yang sitematis yang dirancang untuk menghasilkan perubahan sosial.
  • Wallace, 1998 dalam Burns, 1999: penelitian tindakan dilakukan dengan mengumpulkan data atau informasi secara sistematis tentang praktik keseharian dan menganalisisnya untuk dapat membuat keputusan-keputusan tentang praktik yang seharusnya dilakukan di masa mendatang.
  • Burns (1999): penelitian tindakan adalah penerapan penemuan fakta pada pemecahan masalah dalam situasi sosial dengan pandangan untuk meningkatkan kualitas tindakan yang dilakukan di dalamnya, yang melibatkan kolaborasi dan kerja sama para peneliti, praktisi, dan orang awam.
  • Reason & Breadbury (2001): penelitian tindakan adalah proses partisipatori, demokratis yang berkenaan dengan pengembangan pengetahuan praktis untuk mencapai tujuan-tujuan mulian manusia, berdasarkan pandangan dunia partisipatori yang muncul pada momentum hsitori sekarang ini. Ia berusaha memadukan tindakan dengan refleksi, teori dengan praktik, dengan menyertakan pihak-pihak lain, usaha menemukan solusi praktis terhadap persoalan-persoalan yang menyesakkan, dan lebih umum lagi demi pengembangan individu-individu bersama komunitasnya.
Semoga bermanfaat!

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment