Ciri-ciri Penelitian Tindakan Kelas (Umum dan Khusus)


Salam pengetahuan_ Ciri-ciri penelitian tindakan kelas (PTK) seperti judul di atas dapat dibedakan menjadi dua, yakni ciri-ciri umum dan ciri-ciri khusus.Ciri-ciri umum PTK adalah sebagai berikut (Cohen & Manion, 1980 dengan beberapa modifikasi)
  1. Situasional, kontekstual, berskala kecil, praktis, terlokalisasi dan secara langsung relevan dengan situasi nyata dalam dunia kerja. Ia berkenaan dengan diagnosis suatu masalah dalam konteks tertentu dan usaha untuk memecahkan masalah dalam konteks tersebut. Subjeknya bila siswa di dalam kelas, petatar di kelas penataran, mahasiswa dan dosen di ruang kuliah, dan lain sebagainya.
  2. Memberikan kerangka kerja yang teratur kepada pemecahan masalah praktis. Penelitian tindakan kelas juga bersifat empiris, artinya ia mengandalkan observasi nyata dan data perilaku.
  3. Fleksibel dan adaptif sehingga memungkinkan adanya perubahan selama masa percobaan dan pengabaian pengontrolan karena lebih menekankan sifat tanggap dan pengujicobaan serta pembaharuan di tempat kejadian pelaksanaan PTK.
  4. Partisipatori karena peneliti dan atau anggota tim peneliti sendiri ambil bagian secara langsung atau tidak langsung dalam melakukan PTK.
  5. Self-evaluation, yaitu modifikasi secara kontinu yang dievaluasi dalam situasi yang ada, yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dengan cara tertentu.
  6. Perubahan dalam praktik didasari pengumpulan informasi atau data yang memberikan dorongan untuk terjadinya perubahan.
  7. Secara ilmiah kurang ketat karena kesahihan internal dan eksternalnya lemah meskipun diupayakan untuk dilakukan secara sistematis dan ilmiah.
Sementara itu, ciri-ciri khusus penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut (Whitehead, 2003)
  1. Dalam penelitian tindakan kelas ada komitmen pada peningkatan pendidikan. Komitmen tersebut memungkinkan setiap yang terlibat untuk memberikan andil yang berarti demi tercapainya peningkatan yang mereka sendiri dapat rasakan.
  2. Dalam penelitian tindakan kelas, ada maksud jelas untuk untuk melakukan intervensi ke dalam dan peningkatan pemahaman dan praktik seseorang, serta untuk menerima tanggung jawab dirinya sendiri.
  3. Pada penelitian tindakan kelas melekat tindakan yang berpengetahuan, berkomitmen dan bermaksud. Tindakan dalam PTK direncanakan berdasarkan hasil refleksi kritis terhadap praktik terkait berdasarkan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya. Tindakan dalam PTK juga dilakukan atas dasar komitmen kuat dan keyakinan bahwa situasi dapat diubah kea rah perbaikan.
  4. Dalam penelitian tindakan kelas dilakukan pemantauan sistematik untuk menghasilkan data atau informasi yang valid. Mengingat hasil penting PTK adalah pemahaman yang lebih baik terhadap praktik dan pemahaman tentang bagaimana perbaikan ini telah terjadi, pengumpulan data harus sistematis sehingga peneliti dapat mengetahui arah perbaikan dan juga dalam hal apa pembelajaran telah terjadi.
  5. Penelitian tindakan kelas melibatkan deskripsi autentik tentang tindakan. Deskripsi di sini bukan penjelasan melainkan rangkaian cerita tentang kegiatan yang telah terjadi dan biasanya dalam bentuk laporan.
  6. Perlunya validasi, dalam hal ini melibatkan: (1). Pembuatan pernyataan; (2). Pemeriksaan kritis terhadap pernyataan lewat pencocokan dengan bukti; (3). Pelibatan pihak lain dalam validasi. Validasi terjadi dalam beberapa tingkatan, yakni: (1). Validasi diri, yaitu penjelasan yang diberikan peneliti tentang praktik atau kegiatan yang telah dilaksanakan; (2). Validasi sejawat, yaitu pemeriksaan kritis terhadap bukti oleh teman sejawat, sehingga dapat dihindari penyampuradukan deskripsi dengan penjelasan, data dengan bukti dan menyediakan kompensasi bagi kelemahan karena kurang lengkapnya catatan; dan (3). Validasi public, yaitu upaya meyakinkan public tentang kebenaran klaim peneliti.
Itulah tadi cirri-ciri umum dan khusus penelitian tindakan kelas, semoga bermanfaat

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment